24 Juni 2009

Sejarah Singkat Kota Pekanbaru

Pekanbaru dahulunya dikenal dengan nama Senapelan, yang pada saat itu dipimpin oleh seorang kepala suku disebut Batin. Daerah yang mulanya sebagai ladang, lambat laun berkembang menjadi kampung, Kemudian perkampungan Senapelan berpindah ketempat permukiman baru yang kemudian disebut dusun Payung Sekaki yang terletak di tepi muara sungai Siak. Nama payung sekaki tidak begitu dikenal dimasanya, melainkan lebih dikenal “Senapelan”, yang berhubungan erat dengan perkembangan kerajaan siak sri indrapura.

Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah mendirikan istana di kampung bukit yang berdekatan dengan mesjid raya yang ada sekarang. Selanjutnya pada tanggal 23 Juni tahun 1784 M berdasarkan musyawarah datuk-datuk 4 suku (Pesisir, Lima Puluh, Tanah Datar dan Kampar) negeri Senapelan menjadi “Pekan Baharu” yang selanjutnya diperingati sebagai hari lahir Kota Pekanbaru. Dari dusun kecil Pekanbaru terus berkembang menjadi kota kecil, lalu meningkat menjadi kota praja pada tahun 1957. Tahun 1959 pekanbaru baru menjadi ibu kota provinsi dan pada tahun 1965 resmi menjadi Kota Madya. Semenjak itulah Kota Pekanbaru terus beranjak menjadi kota besar menuju kota metropolis.

Alhamdulillah tepat pada tanggal 23 juni 2009 yang lalu pekanbaru genap berusia 225 tahun. Selmat hari jadi Kota Pekanbaru ke 225 moga menjadi kota metropolis yang bertuah dan bermarwah.

Hendak menuju pulau harapan
Kita bangun pekanbaru secara bersinergi
Agar citi-cita pendiri Senapelan dapat diwujudkan

Menanam melati disudut halaman
Ditiup angin harum baunya
Selamat hari jadi kami ucapkan
Semoga Pekanbaru maju dan mendapat ridho Allah SWT



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar